Pressing

Screw Press 

Screw press berfungsi untuk melakukan pengempaan untuk memisahkan crude oil dengan cake pada massa dari digester dengan sistem ulir. Screw press terdiri atas satu pasang yang berputar saling berlawanan arah menekan dan mendorong fruitmass ditengah putaran screw kedepan kemudian ditahan oleh sepasang cone yang memberikan gaya tekan hidrolik sehingga terjadi efek pemerasan atau ekstraksi yang mengeluarkan minyak dari fruitmass kemudian minyak tersaring oleh sangkar press (press cage) dan keluar dari mesin press masuk ke oil gutter melalui corong press.

Screw press meliputi dua batang screw (ulir) yang berputar saling berlawanan. Sawit yang telah dilumatkan akan terdorong dan ditekan oleh cone pada sisi lainnya, sehingga buah sawit menjadi terperas. Melalui lubang-lubang press cage minyak dipisahkan dari daging buah (serabut).

Hasil dari proses berupa ampas dan biji yang keluar melalui celah antara sliding/adjusting cone dan press cage yang selanjutnya masuk ke Cake Bake Conveyor. Minyak sawit kasar yang masih mengandung kotoran seperti serat-serat dan air yang selanjutnya akan melewati tahap klarifikasi berupa Sand Trap Tank untuk memisahkan kotoran dari minyak kasar. Lalu ke Vibrating Screen untuk memisahkan serat-serat dari minyak kasar tersebut dan selanjutnya dikirim ke Crude Oil Tank sebagai tangki penampungan minyak kasar. Pada PKS kisaran terdapat 3 unit mesin screw press dan yang beroperasi setiap hari hanya 2 unit mesin, 1 unit lainnya menjadi cadangan dan operasinya bergantian setiap hari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengempaan ini antara lain: 
  1. Ampas kempa (press cake) harus merata keluar di sekitar konis 
  2. Tekanan hidrolik pada kumulator dijaga 60 - 65 bar. 
  3. Bila screw press harus berhenti pada waktu yang lama, screw press harus dikosongkan. 
  4. Tekanan kempa cone yang terlalu tinggi akan mengakibatkan kadar biji dan inti pecah bertambah. Tentunya kerugian inti bertambah. 
  5. Tekanan kempa cone yang terlalu rendah akan mengakibatkan cake masih basah.Kerugian (looses) pada ampas dan biji bertambah, pemisahan ampas dan biji tidak sempurna, bahan bakar ampas basah sehingga pembakaran dalam boiler pun menjadi tidak sempurna. 

Water Dilution Tank 

Water dilution berfungsi untuk mengencerkan Crude Oil hasil pressan, sehingga lebih mudah mengalir dan juga akan mempermudah proses pemisahan antara minyak dengan sludge di Continous Settling Tank (CST). Terdapat 2 buah water dilution yaitu yang menggunakan air panas (hot water dilution) dan air condensat. (condensate Water). Water Dilution Tank dilengkapi dengan steam coil yang berfungsi untuk menaikkan temperatur air dilution hinggga mencapai 90 – 950C. Volume air dilution disesuaikan dengan kapasitas olah dan sangat bervariasi di setiap POM. Jumlah air pengencer yang dianjurkan yaitu sebanding dengan crude oil yang keluar dari screw press. 

Crude Oil Gutter 

Oil gutter berfungsi sebagai tempat penampungan crude oil dari hasil pengepresan untuk dialirkan ke sand trap tank. Selain itu juga sebagai tempat pengenceran crude oil dengan menggunakan condensate dilution maupun hot dilution water. Oil gutter dibuat dengan menggunakan pipa 8 inch stainless steel. 

Sand Trap Tank 

Sand trap tank berfungsi sebagai tempat penangkapan pasir taupun material yang lebih berat lainnya dari dalam crude oil, sehingga dapat mengurangi keausan pada vibrating screen. Sand trap tank di Kisaran dibuat dengan system sand cascade (palang tipe) yang terdiri dari 4 stage, yang masing-masing stage dilengkapi dengan valve untuk drain pasir/kotoran yang mengendap, material yang lebih berat (seperti pasir dan material berat lainnya) akan bergerak ke bawah (mengendap), sedangkan crude oil yang lebih ringan akan berada pada lapisan atas akan mengalir dari stage 1 ke 4 dan selanjutnya mengalir ke vibrating screen. Pasir dan kotoran yang tertangkap pada setiap stage di sand trap tank harus di drai setiap hari sebelum mulai proses. 

Cake Braker Conveyor (CBC)

CBC berfungsi untuk memecah/mengurai dan mengeringkan ampas kempa (fibre dan nut) yang pada saat keluar dari pressan masih berbentuk gumpalan menjadi bagian yang telah terurai sekaligus membawanya ke depericarper sistem untuk pemisahan fibre dan nut. Selain itu sasaran proses CBC adalah untuk menurunkan kadar air di dalam cake. Putaran CBC adalah 75 rpm, dengan putaran yang demikian retention time cake akan maksimum sehingga sasaran dari proses di CBC dapat tercapai. 

Depericarper

Fungsi Depericarper ialah untuk memisahkan fibre dengan nut. Ampas (cake) yang keluar dari CBC akan dipisahkan antara nut dan fiber melalui proses Depericarper. Partikel yang ringan yaitu fiber akan terhisap oleh Fiber Cyclone Fan dan jatuh ke fuel conveyor melalui airlock, sebagai bahan bakar di Boiler. Partikel yang berat yaitu biji akan jatuh kebawah dan masuk pada Nut Polishing Drum. Kecepatan udara tergantung dari kapasitas fan tersebut serta pengaturan separating coulumn deperticarper dan damper fan.
Pressing Pressing Reviewed by Ade on 10.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.