Receiption Station


Jembatan Timbangan (Weighting Bridge)

Jembatan timbang berfungsi untuk mengetahui jumlah (berat) material yang masuk dan keluar pabrik. Adapun material tersebut umumnya TBS, CPO, Kernel, Janjangan Kosong, Fibre dan Cangkang. Hal ini bermanfaat untuk menentukan jumlah TBS yang diproduksi untuk bagian perkebunan, premi/upah yang akan di bayarkan kepada karyawan (pengankutan) dan penentuan jumlah produksi (rendemen minyak dan kernel) bagi pabrik.

Pencatatan penimbangan meliputi tanggal dan waktu penerimaan atau pengiriman no kendaraan, no konsumen, nama material, asal material, berat (kg), petugas penimbangan dan diketahui Ka.Produksi. Hasil penimbangan TBS disampaikan kepada Mill Manager, Estate Manager, dan Petugas Pihak Ketiga.

Kalibrasi Alat Timbangan 

Alat timbang hanya dapat dipakai bila masa timbang tera masih berlaku ,untuk mengontrol akurasi timbangan setiap tahun dilakukan kalibrasi timbangan dan tera ulang oleh jawatan metereologi.

Presedur Penimbangan :
  1. Pastikan timbangan jembatan harus dalam keadaan baik dan platform dalam keadaan bersih. Setiap pagi harus dilakukan pembersihan platform dari lumpur maupun kotoran lainnya.
  2. Sebelum dilakukan penimbangan perhatikan perangkat timbangan (digital) harus dihidupkan dan posisi digital menunjukkan angka “nol”
  3. Pada waktu penimbangan bruto , tidak boleh ada penumpang di kendaraan , mesin kendaraan harus dimatikan dan posisi kendaraan harus berada di tengah-tengah timbangan.
  4. Lakukan penimbangan tara setelah TBS dibongkar di loading ramp . sesuai prosedur , dikendaraan tidak boleh ada penumpang dan mesin kendaraan harus dalam keadaan mati.
  5. Rekap TBS diterima, Dispatch “ CPO, Kernel, Tankos, Fibre dan Cangkang , kemudian dicatat dalam buku harian timbangan.
  6. Simpan sisa nota timbangan untuk digunakan keesokan harinya.
  7. Secara berkala lakukan pengukuran earthing system setiap bulan (maksimum 5 ohm).
  8. Segera matikan alat timbang elektronik saat hujan dan petir sampai kondisi normal kembali.
Receiption Station Receiption Station Reviewed by Ade on 09.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.