Meraih pekerjaan baru dengan jenjang karir dan gaji lebih baik adalah pencapaian membanggakan. Namun, adaptasi di kantor baru tak selalu mudah. Tak jarang, kegagalan beradaptasi berujung pada putusnya kontrak kerja sebelum setahun atau tidak lulus masa percobaan.
Apa penyebabnya? Berikut 5 alasan umum dan solusinya:
1. Budaya Kerja Baru yang Asing
- Masalah: Kurang memahami budaya kerja dan nilai-nilai perusahaan.
- Solusi: Pelajari visi misi, nilai-nilai, dan pola kerja perusahaan. Tanyakan kepada atasan atau rekan kerja tentang budaya kerja yang berlaku.
2. Minder dan Tertekan
- Masalah: Ingin diakui dan dibuktikan sebagai karyawan terbaik, tapi dengan cara yang salah.
- Solusi: Bangun rasa percaya diri dan fokuslah pada pengembangan diri. Tunjukkan kemampuanmu dengan kerja nyata, bukan pencitraan.
3. Kurang Bergaul dan Berbaur
- Masalah: Terlalu fokus pada pekerjaan dan lupa bersosialisasi dengan rekan kerja.
- Solusi: Ikuti kegiatan kantor, ajak rekan kerja makan siang bersama, dan jalin komunikasi yang baik.
4. Terlalu Membandingkan dengan Kantor Lama
- Masalah: Selalu membandingkan kantor baru dengan kantor lama, menimbulkan rasa tidak puas.
- Solusi: Fokuslah pada sisi positif kantor baru dan pelajari hal-hal baru. Setiap kantor memiliki keunikan dan budayanya sendiri. Kalau belum siap move on jangan coba-coba terima tawaran ditempat lain ya...
5. Merasa Paling Hebat dan Sombong
- Masalah: Sikap sombong dan merasa paling hebat membuatmu dijauhi dan dihindari.
- Solusi: Tetap rendah hati, belajar dari rekan kerja, dan tunjukkan sikap terbuka untuk menerima masukan. Inget..Iblis dipecat dari Surga bukan karena kurang pinter atau kurang rajin tapi karena.... (isi sendiri yaa...)
Ingatlah: Adaptasi membutuhkan waktu dan usaha. Terapkan tips di atas, tunjukkan sikap proaktif, dan ciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja. Dengan tekad dan strategi yang tepat, kamu pasti bisa beradaptasi dengan baik di kantor baru dan meraih kesuksesan!
Bonus:
- Bersikaplah terbuka: Tunjukkan antusiasme untuk belajar dan menerima hal-hal baru.
- Minta bantuan: Jangan ragu untuk meminta bantuan atau arahan dari atasan atau rekan kerja jika kamu mengalami kesulitan.
- Keluar dari zona nyaman: Cobalah untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kantor dan bergaul dengan rekan kerja dari berbagai divisi.
Dengan tekad dan usaha, kamu pasti bisa menaklukkan tantangan adaptasi di kantor baru dan meraih karir yang gemilang!
5 Alasan Gagal Beradaptasi di Kantor Baru dan Solusinya!
Reviewed by Ade
on
10.55
Rating:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar