Word Cloud : Pidato Kenegaraan Presiden RI Tahun 2017 dan Tahun 2018 (Part 2)

Oke, setelah selesai dengan Part 1 : Word Cloud : Pidato Kenegaraan Presiden RI Tahun 2017 dan Tahun 2018, sekarang saya akan coba masuk ke analisis selanjutnya,

Dari hasil sebelumnya kita dapatkan kata-kata yang umum adalah : indonesia, pemerintah, rakyat, negara, bangsa, dan yang lainnya, kata-kata ini menurut saya adalah kata-kata umum yang memang dipakai untuk menitik beratkan pidato kenegaraan sehingga menurut saya, kata-kata ini bukan esensi yang ingin di sampaikan oleh Bapak Presiden, lalu kata-kata apa ?

Baiklah, kata-kata umum diatas akan kita masukkan kedalam stopword list, sehingga tidak di tampilkan pada Word Cloud, sehingga hasilnya akan menjadi sebagai berikut :

Pidato Presiden tahun 2017 :




Pidato Presiden tahun 2018 :




Nah, sudah terlihatkan bedanya, dan apa kesamaan hasil dari kedua pidato ini, jadi poinnya adalah :

  1. Pada pidato kepresidenan tahun 2017, Bapak Presiden memfokuskan pada pembangunan baik itu dari sisi program, ekonomi, dan daerah.
  2. Pada pidato kepresidenan tahun 2018, Bapak Presiden memfokuskan pada posisi indonesia di percaturan dunia, gejolak ekonomi, dan pembambangunan, serta kondisi manusia indonesia. 
Dengan menggunakan kata-kata kunci yang dihasilkan oleh Word Cloud kita bisa lebih mudah untuk menemukan kembali kalimat-kalimat utama apa saja yang diucapkan oleh Bapak Presiden sebagai fokus yang disampaikan pada Pidato tersebut.
Word Cloud : Pidato Kenegaraan Presiden RI Tahun 2017 dan Tahun 2018 (Part 2) Word Cloud : Pidato Kenegaraan Presiden RI Tahun 2017 dan Tahun 2018 (Part 2) Reviewed by Ade on 14.19 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.