Geo Mapping Menggunakan Orange Data Mining

Mumpung ada kesempatan, iseng-iseng otak-atik lagi Orange Data Mining, kali ini saya akan mencoba Add-ons (karena memang bukan fitur default) Geo. Langsung saja, kita buka Orange Data Mining, dan tambahkan Add-ons Geo.



Untuk materi kali ini, saya akan mencoba mapping data Kecelakaan Transportasi dari tahun 2011-2014 yang bisa di lihat disini : https://data.go.id/dataset/data-kecelakaan-transportasi-2/resource/1bed74a3-8bee-4576-b634-e8ad21efa6dc

Oke, selanjutnya kita buat modelnya seperti di bawah ini


  • Setting File :

Saya menggunakan URL untuk langsung mengakses file csv dari web data.go.id, kolom Bencana diubah tipenya menjadi categorical dan Role nya sebagai target.
  • Setting Select Columns

Kita hanya membutuhkan kolom Bujur, Lintang, dan Bencana (jenis kecelakaan transporatasi). Selanjutnya kita tinggal tambahkan Geo Map, dan klik hasilnya sebagai berikut :


Klik pada Cluster points, maka kita akan liat hasil clusteringnya sebagai berikut:


Sekarang klik pada widget Coropleth Map atur Aggregation nya dan hasilnya akan seperti dibawah ini


Dari sini terlihat pembagian clustering kecelakaan transportasi berdasarkan jumlah per propinsinya, semakin kuning, semakin tinggi jumlah kecelakaannya.
Geo Mapping Menggunakan Orange Data Mining Geo Mapping Menggunakan Orange Data Mining Reviewed by Ade on 13.50 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.