Analisis Beban Kerja adalah suatu teknik untuk menentukan jumlah dan jenis pekerja suatu unit organisasi yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan metode tertentu. Adapun tujuan dari Analisis Beban Kerja adalah :
- Penataan/penyempurnaan struktur organisasi;
- Bahan penyempurnaan sistem dan prosedur kerja (SOP);
- Penyusunan rencana kebutuhan riil pegawai sesuai beban kerja
- Penilaian kinerja dengan metode Sasaran Kerja Pegawai
- Program seleksi, rotasi, dan promosi pegawai dari unit yang kelebihan pegawai ke unit yang kekurangan pegawai;
- Bahan penentuan kebutuhan training dan pengembangan.
Metode-metode dalam Analisis Beban Kerja :
- Kuisioner
- Daftar pertanyaan terbuka tentang uraian/rincian tugas
- Tugas tambahan sesuai rencana kerja
- Wawancara
- Panduan wawancara terbuka tentang uraian / rincian tugas dan tugas tambahan
- Sampel / seluruh pegawai
- Pengamatan Langsung
- Lembar observasi (check list)
- Lokasi tempat kerja.
Standar kemampuan rata-rata:
- Satuan Waktu
Norma Waktu = (Orang x Waktu) /Hasil
- Satuan Hasil
Norma Hasil = Hasil / (Orang x Waktu)
PENDEKATAN ANALISIS BEBAN KERJA
-HASIL KERJA-
-OBJEK KERJA-
- PERALATAN KERJA-
Pendekatan ini dipergunakan untuk menghitung kebutuhan pegawai pada jabatan yang hasil kerjanya abstrak atau beragam yang artinya hasil kerja dalam jabatan tersebut banyak jenisnya. Informasi yang dibutuhkan :
Analisis Beban Kerja
Reviewed by Ade
on
14.35
Rating:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar